Senin, 08 Februari 2010

Renungan

MEMBAWA PERUBAHAN

Kapan sebenarnya kita menjadi tua? Dalam artian bertambahnya bilangan usia? Ya, itu menunjukkan bukti fisik ketika seseorang berangsur tua. Bahkan sejatinya proses penuaan itu dimulai ketika kita dilahirkan. Tetapi dalam hubungannya dengan motivasi & semangat, seseorang disebut tua ketika ia tidak sanggup lagi menghadapi suatu perubahan. Setidaknya itu terbukti didalam diri S.I. Hayakawa yang pernah menjadi presiden San Francisco State University. Setelah pensiun dari jabatan prestisiusnya tersebut, bukan berarti saatnya berdiam dan menghitung hari. Pada usia tujuh puluh tahun Hayakawa justru membuat terobosan dengan menjadi anggota senat Amerika.

Jadi, berapapun usia kita saat ini...apapun profesi kita sekarang,kita harus membuat perubahan. Ketika tidak ada perubahan, kemajuan, pertumbuhan dalam hidup kita, saat itulah Saudara dan Saya telah menjadi tua! Tidak ada kata terlambat bagi kita untuk bertumbuh secara rohani ataupun secara intelektualitas.Teruslah belajar. Teruslah berinovasi. Teruslah berjuang. Selama masih ada semangat, Anda belum terlalu tua!

Ada dua hal sederhana yang dapat kita tiru dari Raja Yehuda bernama ASA, dan dua hal inilah yang harus mendasari sebuah perubahan yang baik. Pertama, lakukan apa yang baik. Baik dalam arti tindakan yang berhubungan dengan sesama kita. Jangan melukai sesama, tetapi memberkati. Jangan mencuri dari sesama tetapi memberi. Jangan menjerumuskan sesama, tetapi mengentaskan mereka dari keterpurukkan. Kedua, lakukan apa yang benar dimata Tuhan. Benar dalam arti,tepat,lurus-lurus sesuai dengan kehendak Tuhan. Jangan coba-coba serong, walau hanya sepersekian derajat. Inilah bisnis orang percaya: MEMBUAT PERUBAHAN! (Tentu yang positif). Simak 2 Taw. 14:2

Tidak ada komentar: